Upaya Untuk Mencegah Diare Pada Anak

diare pada anakDiare merupakan penyakit yang disebabkan oleh berbagai pola hidup yang kurang teratur, seperti pola makan, dan pola istirahat yang tidak teratur merupakan hal yang dapat memicu terjadinya diare pada anak. Diare yang termasuk dalam penyakit yang dapat menular, dapat ditularkan melalui 4f, diantaranya adalah feces, fly, finger dan food. Karena itu, untuk dapat mencegah terjadinya diare perlu dilakukan pemutusan ikatan rantai penularannya. Berikut adalah tips pencegahannya.

Beberapa Upaya Pencegahan Diare Pada Anak

Beberapa upaya yang dapat dilakukan dan mudah untuk diterapkan untuk dapat mencegah terjadinya diare pada anak adalah sebagai berikut: siapkan makanan yang memadai, sehat, bergizi dan bersih. Makanan yang memenuhi kebutuhan gizi dapat digunakan untuk mencegah terjadinya diare, karena pola makan yang teratur. Cara selanjutnya adalah dengan penyediaan air minum yang bersih, karena air minum yang bersih akan terhindar dari berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan penyakit diare. Selain makanan dan minuman yang sehat, kita juga perlu menjaga kebersihan, mulai dari kebersihan dilingkungan sekitar kita, maupun lingkungan yang jauh dari kita, salah satu contoh mutlaknya adalah dengan mencuci tangan setiap sesudah melakukan sesuatu.

Cara-cara lainnya yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya diare adalah dengan melakukan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dan juga sebelum merawat anak. Untuk mencegah terjadinya diare pada anak bayi bisa dilakukan dengan pemberian ASI secara eksklusif. Selain itu juga melakukan kebiasaan hidup sehat dengan membuang air besar pada tempatnya, memberantas lalat dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, karena lalat merupakan hewan yang dapat menyebarkan beberapa virus dan penyakit yang dapat menyerang tubuh dan menebarkan penyakit. Diare dapat menyebabkan kematian dan kurang gizi, kematian dapat dilakukan pencegahan dengan cara mencegah dan menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan melalui pemberian oralit. Sedangkan kekurangan gizi dapat dicegah dengan melakukan pemberian makanan yang memadai selama diare. Itulah beberapa cara untuk dapat mencegah dan mengatasi penyakit diare yang dapat menimbulkan gejala yang cukup membahayakan. Semoga bermanfaat!

Related posts:

Comments are closed.